Tentang STBAP

Tentang STBA Pontianak

17 Oktober 2018 - Admin Stbap

  1. Sasaran Mutu, Komitmen Mutu
  2. Profil Lulusan Sarjana / S1 Sastra Inggris STBA Pontianak
  3. Profil Lulusan Diploma Tiga / DIII Bahasa Inggris STBA Pontianak

Selalu berupaya untuk menghasilkan lulusan yang profesional yang memiliki keunggulan dan daya saing dalam bidang Ilmu Sastra dan/atau Bahasa Inggris, yang dibangun dalam suasana Friendly Campus, dan selalu mengembangkan diri dalam masyarakat global.

  1. Sasaran Mutu, Komitmen Mutu

Sasaran Mutu

  • Sekurang-kurangnya 75% mahasiswa dapat lulus tepat waktu (< 9 semester untuk S1 dan < 7 semester untuk DIII) dengan prestasi yang memuaskan (2,75).
  • Sekurang-kurangnya 75% lulusan mempunyai nilai English Proficiency Test minimal 450.
  • Sekurang-kurangnya 75% lulusan menguasai aplikasi komputer sesuai bidangnya dengan baik.

Komitmen Mutu

STBA Pontianak adalah perguruan tinggi swasta yang berorientasi pada mutu. Kami selalu berusaha menghasilkan lulusan yang memiliki keunggulan dan daya saing dan siap berkembang dalam masyarakat global. Memuaskan pelanggan, yaitu mahasiswa adalah tujuan kami. Komitmen kami :

  • Menerima calon mahasiswa berpotensi
  • Mendorong mahasiswa aktif dan kreatif
  • Menyediakan fasilitas belajar mengajar yang memadai dan layanan administrasi yang memuaskan pelanggan
  • Mengadakan kerjasama dengan pihak eksternal
  • Memilih staf pengajar yang berdedikasi dan berprestasi
  • Menyajikan kurikulum yang dinamis sesuai perkembangan industri dan teknologi

 

2. Profil lulusan Sarjana / S1 Sastra Inggris STBA Pontianak

Lulusan Prodi S1 Sastra Inggris diharapkan memiliki kemampuan:

  • Mahir berbicara dan menulis dalam bahasa Inggris serta memiliki skor TOEFL minimal 480;
  • Menerjemahkan, menjadi trainer/guru Bahasa Inggris profesional, membuat karya sastra yang layak terbit,
  • Memanfaatkan teknologi dan informasi untuk pekerjaannya,
  • Menjadi pebelajar mandiri untuk life long education.
  • Mampu melanjutkan studi ke jenjang magister

Kompetensi Mahasiswa

    Kompetensi utama:

  • Mampu berbahasa Inggris lisan dan tulisan dengan baik,
  • Mampu menuangkan gagasan, pendapat dengan logika lisan dan tulisan yang baik,
  • Memiliki pengetahuan tentang tes-tes standar (IELTS, TOEFL, TOEIC, dll),
  • Mampu mengembangkan bidang ilmu sastra dan/atau bahasa,
  • Mampu menerjemahkan teks bahasa Inggris ke bahasa Indonesia maupun sebaliknya dengan baik,
  • Mampu melaksanakan program-program pelatihan bahasa Inggris non formal (kursus),
  • Mampu membuat karya tulis kreatif yang berguna bagi masyarakat,
  • Mampu mentransfer kemampuan dan pengetahuan intelektualnya.
  • Mampu melaksanakan program-program English Assistantship Programs(EAP) di SMP dan SMA/SMK, contoh: pelatihan debat, pelatihan drama & story tellingEvent Organizer (EO) pada acara kompetisi bahasa Inggris di sekolah,
  • Mampu memberikan pelayanan bahasa Inggris ke lembaga/badan usaha.

     Kompetensi Pendukung

  • Memiliki kemampuan mempresentasikan informasi, ide, gagasan maupun pendapat dalam bahasa Inggris dengan lancar dan benar,
  • Memiliki pengetahuan metodologi pengajaran untuk diterapkan pada kursus-kursus non-formal melalui program-program Community Language Service (CLS) dan Praktek Kerja Lapangan (PKL)
  • Menguasai penerjemahan teks tulis (fiksi, ilmiah, dokumen),
  • Menguasai penggunaan Computer Assisted Translation (CAT) dalam penerjemahan,
  • Mampu mendokumentasikan ekspresi budaya lokal ke dalam bahasa Inggris.

    Kompetensi Lainnya

  • Memiliki kemampuan menggunakan komputer untuk pembelajaran, penerjemahan, dan penulisan teks,
  • Memiliki kemampuan mengetik yang baik,
  • Memiliki interpersonal skills yang baik,
  • Memiliki motivasi belajar dan berkreasi,
  • Mampu berorganisasi dengan baik (memiliki kemampuan manajerial yang cukup),
  • Mampu melihat peluang pasar dan secara kreatif mengolah peluang tersebut menjadi peluang kerja (enterpreneurship).

 

 3. Profil Lulusan DIII Bahasa Inggris STBA Pontianak

Lulusan Prodi DIII Bahasa Inggris diharapkan memiliki kemampuan:

  • Mahir berbicara dan menulis dalam bahasa Inggris serta memiliki skor TOEFL minimal 470,
  • Bekerja pada bidang-bidang yang berkaitan dengan tata kelola bahasa Inggris,
  • Memanfaatkan teknologi dan informasi untuk pekerjaannya,
  • Menjadi pebelajar mandiri untuk life long education.
  • Mampu melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.

 Kompetensi Mahasiswa DIII Bahasa Inggris

     Kompetensi utama:

  • Mampu berbahasa Inggris lisan dan tulisan dengan lancar dan teliti,
  • Mampu menuangkan gagasan, pendapat dengan logika lisan dan tulisan yang baik,
  • Memiliki kemampuan mempresentasikan informasi, ide, gagasan maupun pendapat dalam bahasa Inggris dengan lancar dan benar.
  • Memiliki kemampuan dan keahlian dalam bidang English for Specific Purposes (ESP),
  • Mampu menerjemahkan teks bahasa Inggris ke bahasa Indonesia maupun sebaliknya dengan baik,
  • Mampu melaksanakan program-program non formal pelatihan bahasa Inggris (kursus),
  • Mampu melaksanakan program-program English Assistantship Programs(EAP) di SMP dan SMA/SMK, contoh: pelatihan debat, pelatihan drama & story tellingEvent Organizer (EO) pada acara kompetisi bahasa Inggris di sekolah,
  • Mampu memberikan pelayanan bahasa Inggris ke lembaga dan badan usaha.

    Kompetensi Pendukung:

  • Manfaatkan fungsi bahasa Inggris, seperti membuat memo, kontrak, proposal, dan surat-surat bisnis dalam bahasa Inggris,
  • Menerapkan metodologi pengajaran pada kursus-kursus non-formal melalui program-program Community Language Service (CLS) dan Praktek Kerja Lapangan (PKL),
  • Memanfaatkan Computer Assisted Translation (CAT) dalam penerjemahan.

  Kompetensi Lainnya:

  • Mampu menggunakan komputer,
  • Mampu mengetik yang baik,
  • Memiliki interpersonal skillsyang baik,
  • Memiliki motivasi belajar dan berkreasi,
  • Mampu berorganisasi dengan baik (memiliki kemampuan manajerial yang cukup),
  • Mampu melihat peluang pasar dan secara kreatif mengolah peluang tersebut menjadi peluang kerja (enterpreneurship).